Petualangan Sherlock Holmes

Hari Minggu kemarin jalan2 ke Delta (Plasa Surabaya) liat2 sepatu di sport station, waktu keluar dari konter, di sebelah brownies Amanda nggak sengaja liat konter buku2 bekas… aku paling seneng ma buku2, baik bekas ato nggak… tapi kalo liat konter buku bekas tuh rasanya beda… kayaknya aku lagi mencari ”harta” di suatu tempat gitu. Hasil hunting buku bekas dapet novel yang lumayan bagus, judulnya ”Petualangan Sherlock Holmes” karangan Sir Arthur Conan Doyle. Walaupun harganya mahal (kalo aku beli di uranus edisi terbaru dengan judul yang sama mungkin beda 5-7 ribu saja) tapi akhirnya aku beli juga neh buku.

Halaman Depan

Halaman Belakang

Judul Buku : Petualangan Sherlock Holmes

Penulis : Sir Arthur Conan Doyle

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama

Cetakan Ketujuh, Oktober 2002

Berikut cuplikan dari back cover novel tersebut :

Dari semua kisah klasik karangan Sir Arthur Conan Doyle yang menampilkan Sherlock Holmes, tokoh detektif terhebat yang pernah dikenal orang, inilah dua belas di antaranya yang paling rumit dan menarik. Melalui tokoh-tokoh kliennya yang datang minta pertolongan pembaca diajak mengunjungi kamar sewaan di Baker Street No. 221B yang termasyhur itu, dimana Holmes yang eksentrik dan Dr. Watson yang istimewa pernah tinggal. Lalu, pembaca akan juga dibawa untuk menikmati daerah pedesaan di Inggris bersama ahli pengambil kesimpulan ini, ketika dia menguakkan sebuah misteri, memecahkan teka-teki, dan menangkap para pelaku kejahatan-atau kadang-kadang melepaskan mereka begitu saja. Mulai dari Skandal di Bohemia di mana Holmes berjumpa dengan wanita yang sangat dikaguminya, sampai pengalamannya yang mendebarkan dalam Petualangan di Copper Beeches, cara-cara penyelesaian masalah yang dilakukannya sangat di luar dugaan, sedangkan alur ceritanya sendiri benar-benar sangat memukau. Tak dapat disangkal lagi, inilah cerita detektif terbaik yang pernah ada.

Bab yang ada di dalam buku :

  1. Skandal di Bohemia
  2. Kasus Identitas
  3. Perkumpulan Orang Berambut Merah
  4. Misteri di Boscombe Valley
  5. Lima Butir Biji Jeruk
  6. Pria Berbibir Miring
  7. Batu Delima Biru
  8. Lilitan Bintik-bintik
  9. Ibu Jari sang Insinyur
  10. Bangsawan Muda
  11. Tiara Bertatahkan Permata Hijau
  12. Petualangan di Copper Beeches

Aku sedang baca sampe bab 4, dan nggak ada bosennya sama sekali… emang Sir Arthur Conan Doyle ini novelis cerita detektif terkenal… nggak salah kalo Aoyama Gosho terinspirasi menulis komik Mantentai Conan dari Sherlock Holmes ini, dari gambaran yang ditulis Sir Arthur kita bisa membayangkan kondisi Inggris pada saat itu, cara penulisan yang jelas dan mudah dicerna emang salah satu kategori novel bisa dibilang cukup mengasikan. Jadi menurut aku, baca novel ini (ato beli novel ini) nggak ada ruginya… bagus isinya.

Parvian

13 Responses to “Petualangan Sherlock Holmes”

  1. phietzaa Says:

    Haduuh Om…buku apalagi iki…?!

  2. parvian Says:

    @Phietzaa : waduuuu… gak tau Sherlock Holmes? Detektif terkenal sepanjang masa 🙂

  3. dina sexy Says:

    wah, bolhe juga tuh buku! entar gw cari di palasari (tmat jual, buku murah).
    akhirnya da juga yang bisa kasih comment, soalnya blog lo isinya tentang matlab lumu. kgk ngarti neh!
    sukses ya!

  4. parvian Says:

    @Dina Sexy: Hmmm… ntar aku isi resensi buku ma film juga disini… soalnya aku juga hobi baca novel ma nonton film :)… kapan hari aku ke jakarta dua kali dengan even yang berbeda2… nggak sempet mampir ke bandung :p ntar aja kalo senggang mampir ke rental bukunya 🙂 ada rencana dibuatin website nggak dee booksnya?

  5. diza adler Says:

    mas da cuplikan bukunya ang sign of four atw study in scarlet
    aq penasaran bt

  6. parvian Says:

    @Diza Adler : hweee… kayaknya bagus 2 judul itu… hunting dulu ah.. 😀

  7. adelia Says:

    bukunya dah gw baca semua tuh..mank ceritanya keren-keren banget..ga rugi baca bukunya..

    @adelia
    iya, keren-keren ceritanya apalagi cerita yang sherlock ketemu ma wanita yang paling dikaguminya itu untuk pertama kalinya 🙂

  8. rhia Says:

    hay, namaku rhia, gw penggemar sherlock holmes, tapi disinjai buku karya conan doyle gak ada, gw cari di intenert supaya baca online dalam versi indonesianya tapi tidak ada… n satu lagi gw juga penggemar meitentei conan, bahkan gara2 itu aku mulai nulis kisah mistery daripada kisah persahabatan or something else, hehehehe…. gimana kalo kamu buat blog yang bisa baca online novel sherlock holmes, atau bikin aja blog kasus2 yang tak terpecahjan diseluruh dunia key???

    Meitentei Cwuit

  9. honey Says:

    hi,,,,,

    H pnggmar sherlock jg lch,,,
    H sneng bgtd ma sherlock ‘n conan,,,,
    Lam knaL ya PnggmaR” sherlock,,,
    O.y Thank’s Resensi’y ngbantu bgtd,,,

    @honey
    yups… aku suka buku karangan sir arthur conan doyle ma agatha christie salam kenal ya honey 🙂

  10. Rattlenetwork Says:

    Salam kenal ………….sama sama pengemar sherlock holmes nih..!!!hehehe….!

  11. fefe ajah Says:

    heii salamm kenall gw fefe, mauu baca bukuu sherlock holmes yang pertama bangett dimana ya??
    Klo cariii dipenerbit ada ga ya??

  12. cute ame Says:

    i like it much, pengen bisa ngarang kayak sir arthur, chayoooo!!!!!

  13. nalanda Says:

    aku mau novelnya juga.


Leave a comment