Instant Messaging, Komunikasi Menggunakan Handphone Membuat Komunikasi Menjadi Lebih “Hidup”

IM, trend baru dalam berkomunikasi

Seberapa sering anda menggunakan IM semacam YM atau Googletalk? Saya yakin Anda sering menggunakan atau paling tidak pernah menggunakannya dalam beberapa waktu belakangan ini. Ya, saat ini IM memang sedang menjadi trend komunikasi tanpa dibatasi oleh segmen usia dan pekerjaan, semua menggunakan IM sebagai sarana pendukung komunikasi mereka. IM memang menjadi alat komunikasi baru yang tidak bisa dipisahkan dengan berkembangnya teknologi informasi dewasa ini. Sebenarnya apa sih IM itu?

IM adalah singkatan dari Instant Messaging. Awal munculnya di dunia ketika masyarakat dunia mulai sering menggunakan teknologi secara online pada awal tahun 1990. Saat itu internet baru masuk dalam kehidupan masyarakat, walaupun hanya untuk golongan tertentu, dan mulai memberikan “warna” baru dalam dunia komunikasi.

Kemudian para ahli aplikasi mulai menciptakan sebuah aplikasi chat room. Aplikasi ini memungkinkan masyarakat dapat melakukan chat bersama-sama dengan kelompoknya maupun secara perorangan. Dalam chat room ini, pengguna dapat mengirimkan serta melihat pesan yang dikirimkan di dalam satu tempat yang biasa disebut “room”. Instant Messaging ini mulai menjadi trend tahun 1996, yaitu ketika perusahaan bernama Mirabilis memperkenalkan ICQ yang merupakan sebuah Instant Messaging yang dapat dipergunakan secara gratis bagi setiap orang. Tidak mau kalah, pada tahun 1997, American Online (AOL) berusaha menjadi pioner dalam komunitas online. AOL mengembangkan aplikasi yang mampu digunakan untuk komunikasi dalam waktu yang sama dalam sebuah chat room dan instant messaging. Namun, AOL tetap tidak bisa memungkiri bahwa Mirabilislah yang mendirikan tonggak awal munculnya IM dan karena model ICQ yang dikembangkan oleh Mirabilis inilah yang kemudian menjadi basis yang penting dalam penggunaan Instant Messaging yang berkembang saat ini.

Saat ini, pengembangan IM berlangsung cukup cepat dan signifikan. Para pemakai IM yang awalnya hanya dapat diakses oleh para penggunanya melalui komputer, sekarang ini telah dapat diakses melalui telepon seluler. Pemakainyapun dari segala usia dan kalangan, Dengan kemampuan yang dimiliki telepon seluler untuk mengakses internet, maka para pengguna IM dapat mengakses menggunakan internet kapan saja dan dimana saja.

Pengaruh IM dalam kehidupan masyarakat modern

Saat ini, kehidupan masyarakat modern yang mobile membutuhkan alat komunikasi yang bisa mengimbangi kegiatan mereka yang memiliki mobilitas yang cukup tinggi. IM adalah salah satu alternatif komunikasi yang banyak dipilih, pengguna IM walaupun mayoritas adalah pelajar dan mahasiswa, tetapi tidak sedikit pula anak-anak dan orang tua juga ikut menggunakan jalur komunikasi ini dalam kehidupan sosial mereka. Untuk mengimbangi kebutuhan yang terus meningkat, para pengembang aplikasi terus berusaha mengembangkan fitur yang ada di dalam aplikasi IM mereka. Berikut ini adalah beberapa fitur yang bisa dipakai dalam IM dan bagaimana mereka dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat modern.

Integrasi IM dengan e-mail. Sudah bukan rahasia lagi kalau industri pengiriman surat melalui pos terancam oleh adanya electronic mail (e-mail). Masyarakat mulai menggunakan e-mail untuk mengirim pesan daripada menggunakan pos yang memerlukan waktu dan biaya, Dengan semakin murahnya mengirim pesan secara elektronik, berimbas pada jumlah pengguna e-mail yang terus meningkat dan pengembang aplikasi IM menyadari bahwa selain melakukan chat, para pengguna juga memerlukan aplikasi reminder untuk membantu mereka mengingatkan apabila ada pesan yang masuk ketika mereka sedang chat dengan keluarga, teman, atau rekan bisnisnya. Penyedia layanan IM seperti AOL, Yahoo!, Google sudah mengintegrasikan IM dengan e-mail engine mereka, sehingga para pengguna IM dapat mengetahui adanya pesan yang masuk walaupun mereka sedang asik-asiknya melakukan chatting dengan lawan chatting mereka.

Menggunakan Voice over Internet Protocol (VoIP) yang terintegrasi dengan IM. Beberapa IM seperti Yahoo! Dan Google menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna IM untuk dapat berkomunikasi langsung dengan suara mereka. Walaupun sering terjadi delay, fitur ini memberikan jalur baru dalam berkomunikasi di internet.

Teleconference. Lebih dari satu pengguna dan kelompok dapat sekaligus berkomunikasi dengan menggunakan fitur-fitur seperti voice, camera, dan chat room yang disediakan oleh IM. Teleconference ini merupakan penggabungan dari beberapa fitur yang disediakan oleh penyedia IM. Dengan fitur ini para pengusaha daerah maupun lintas negara dapat tetap melakukan rapat walaupun terpisah jarak yang cukup jauh.

Personalisasi Halaman. Setiap manusia adalah unik, maka pengguna IM pun ingin halaman mereka dibuat khusus sesuai dengan karakter mereka masing-masing. Saat ini penyedia IM mulai memikirkan personalisasi halaman untuk para pengguna jasa IM mereka. Contohnya Yahoo! Yang telah mengembangkan fitur personalisasi halaman untuk pelanggan IM setia mereka.

Dukungan penyedia layanan telekomunikasi seluler terhadap perkembangan pengguna IM di Indonesia

Di Indonesia sendiri, pengguna IM cukup banyak dan terus meningkat. Diikuti dengan semakin banyaknya aplikasi IM seperti mig33, eBuddy, shmessenger, Yamee dan lain-lain memungkinkan pengguna telepon seluler untuk memanfaatkan IM sebagai alat komunikasi mereka. Selain itu, semakin murahnya akses internet yang diberikan oleh penyedia layanan telekomunikasi seluler membuat para pengguna semakin dimanja saja. Penyedia layanan telekomunikasi seluler pun banyak yang telah memberikan fitur kepada para pelanggan mereka untuk dapat ber-IM dengan lebih mudah dan nyaman.

Dukungan lain yang diberikan oleh penyedia layanan telekomunikasi seluler adalah chat yang tidak hanya menggunakan internet, tetapi juga ada yang menggunakan pulsa sebagai pengganti biaya menggunakan jasa IM. Beberapa penyedia layanan telekomunikasi seluler di Indonesia menggandeng sms premium seperti chat n’ date yang juga merupakan aplikasi IM yang dapat dilakukan melalui telepon seluler. Bedanya kalau dengan aplikasi IM kita dibebani biaya internet dengan chat n’ date ini biayanya dipotong langsung dengan pulsa tanpa ada perhitungan biaya penggunaan internet.

Masa depan IM di Indonesia

Bagaimana prospek IM di Indonesia? Sangat baik, karena hingga saat ini fitur yang ada semakin terus ditingkatkan dan biaya komunikasipun semakin murah. Masyarakat akan terus dimanja dengan fitur yang terus berkembang dan biaya telekomunikasi yang semakin murah saja. Selain itu, para penyedia IM juga saling berlomba untuk membuat tampilan aplikasi yang semakin mudah digunakan. Maka dengan IM, masyarakat dapat berkomunikasi kapan dan di mana saja dengan biaya murah yang diberikan oleh para penyedia layanan telekomunikasi seluler yang ada di Indonesia.

Selain itu, sebenarnya perlu diperhatikan juga sisi negatif dari penggunaan IM ini, yaitu apabila semakin banyak masyarakat yang menggunakan IM untuk alat komunikasinya, maka akan semakin memberikan jalan kepada bentuk masyarakat yang anti-sosial. Untuk itu masyarakat perlu menyadari bahwa alat komunikasi seperti IM ini sebaiknya digunakan untuk komunikasi yang bersifat sekunder. Komunikasi primer yang merupakan komunikasi tatap muka langsung harus tetap sering dilakukan, terutama komunikasi antara orang tua dan anak, sehingga masyarakat kita tidak hanya menjadi masyarakat yang memiliki ilmu Teknologi Informasi yang baik, tetapi juga tetap menjadi masyarakat timur yang memiliki kepribadian, sopan santun, dan tata krama yang paling baik di dunia.

Advertisements

33 Responses to “Instant Messaging, Komunikasi Menggunakan Handphone Membuat Komunikasi Menjadi Lebih “Hidup””

  1. hoihei Says:

    qoute = apabila semakin banyak masyarakat yang menggunakan IM untuk alat komunikasinya maka akan semakin memberikan jalan kepada bentuk masyarakat yang anti-sosial
    Yak satuju dg yg ini, kurang ada sentuhan psikologis klo lewat IM. Kita marah2 lewat Im, yang sono kagak bakalan kena goyangan jiwa. Bhahahahahaha.

    @hoihei
    Pasti ada trade off untuk setiap tindakan yang diambil 🙂

  2. boechan Says:

    wah memang maz perkembangan dunia TI udah semakin sip dan mulai menyingkirkan tenologi2 yang sudah ada, semisal VoIP pasti nanti semua phone calling menggunakan VoIP yang terus dikembangkan sehingga memungkinkan perusahaan besar sekelas Telkom…
    Begitu pula dengan IM, yang tarifnya jauh lebih murah daripada sms,

    @boechan
    Yah, teknologi emang harus diikuti sesuai kebutuhan tapi kalau memang berpengaruh baik buat orang banyak ya kita harus turut menyukseskan kan? bukan begitu? 🙂

  3. brengsekerz Says:

    ahahhaa…
    bener bgt kk..

    klo jadi kayak gini trus ..
    n klo ntar diterapkan ke HP..

    ahhahahaaaaa..

    SMS jadi gak laku lagi..:D

  4. ririn Says:

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Ok maz untuk informasinya ckp mnmbh pengetahuan…
    G jd rahasia lg kalo skrg jaman semakin maju dan teknologipun berkembang pst. aq prnh denger ada org ngomong kalo smkn thn org smkn krg sosialnya, tinggi bdn jg brkrg&org lbh cenderung mls utk melakukan pekerjaan scr sendiri krn smkn byk aplikasi yg mndkg.

    Tp y gt bener pa yg dikatakan maz andre sisi negatifnya memang mnrtq sgt perlu dipertimbangkan…Selain itu kali kita pake teknologi trs kshn ma org2 yg bekerja di kantor pos….Bs2 mrk khlgn pkrjaanya kalo kantor pos sndr g bs beri seswt yang baru&mnrk konsumen utk mgnkn fasilitas ntu…

    @ririn
    Trade off itu pasti ada… tapi bagaimana mencari jalan tengah yang baik itu yang harus kita pikirkan sama-sama 🙂 tapi yang jelas teknologi informasi semakin berkembang dan manusia harus mau belajar untuk berubah… bukan begitu?

  5. dustinDB Says:

    wew,,teknologi yg satu ini emang udah menjamur atas pertimbangan sbb:
    -murah
    -cepat
    -simpel

    dan ketiganya itu emg udah jadi tuntutan era modern sperti skrg,,

    Tpi tiada gading yang tak retak, setuju sm yanto..
    terlalu banyak bersentuhan dengan hal itu, bikin kita anti sosial, akibatnya jadi:
    -males ktemu sm org
    -maunya yg praktis2 aj, tanpa pikir panjang

    “too much of something will ruin everything”
    viva_la_dustin

    @dustinDB
    Nah itu… masalah yang sosial yang cukup berbahaya dari perkembangan teknologi 🙂

  6. KhE' Says:

    yaaa,,iya si IM emg makin lama makin mnjamur..dah jd trend kyanya..

    malahan klo nyalain kompi yg dibuka prtama ya YM..hehe

    hmmm..
    klo mnurutQ si,,IM dipake buat ngomongin sesuatu yg simpel2 aj..namanya jg instant message..

    klo marah2 lewat IM makin kesel mah adanya..marahnya ma kompi,,g asik dumz..hehe

    selaen itu,,IM jg bisa bwt tempat ngobrol sama temen2 lama yg mgkn da g pna ktemu lg,,lewat IM komunikasi tetep brjalan,,gosip2 pun asoi,,hehe

    tp sayangnya aplikasi buat d HP tergantung signal jg..

    jd kadang2 susah OL klo d daerah2 bandara..

    slaen itu,,klo lama2 bisa bikin HP rusak jg looo..

    yah,moga2 perusahaan2 telekomunikasi d indonesia makin mmperbaiki diri,,jd kitanya jg yg untung:D

    yg jelas mnurut aq,,komunikasi dgn ktemu scr lgsg tu tetep lbh berkualitas..

    IM merupakan salah satu cara yg bs mmpermudah qta buat bkomunikasi satu sama laen..

    gt aja sii..

    @KhE’
    Yah, memang komunikasi primer (tatap muka langsung) tidak bisa tergantikan 🙂

  7. Hasan Syah Says:

    masih lebih sreg dgn YM mas.. ntah kenapa, mungkin lebih bnyk teman di YM drpd G-Talk dan yg lainnya… btw, diriku bukan TekFis mas, tp Fisika FMIPA [bau minyak tawon ntar, heeheeee…]

    @Hasan Syah
    YM memang belum bisa tergantikan… 😀 apa hubungannya TekFis ma minyak tawon? ooo… I C… No Comment deh 🙂

  8. aquwaviey Says:

    ^^

    yupz..pertama kali buka kompi langsung deh ngeklik aplikasi bt chat..saking keasikan bcandaan d chat ampe luppa ma tujuan awal buka kompi (ngerjain tgz contohnya ^^)

    tp emang ketemuw secara langsung lebih maknyus dunz,,lbih punya taste ^^

    @aquwaviey
    Ketemuan sama sapa dulu? 😀

  9. Faishal Mufied Says:

    Assalamualaikum.WW
    Thx mas…
    jadi ngerti banyak

    kalo Menurut pengamatanku di kalangan tmen2ku (halah) IM ni udah menjamur.. bak cendawan di musim hujan

    Anak2 hmpir tiap waktu. kyanya g bisa hidup tanpa ini.

    Malah sering bikin lupa waktu.

    Aku se7 sma comment yang laennya

    Klo bisa bikin rasa sosialnya berkurang.
    merasa cukup hnya dengan chat.
    padahal beda kalo kita ktemu langsung.

    tapi bagaimanapun yang namanya teknologi ada kebaikannya dan kejelekannya

    Wslmkm.WW

    @Faishal Mufied
    Kalau kamu sendiri? termasuk penggemar IM nggak? 🙂

  10. agungfirmansyah Says:

    haha…
    saya belum pernah make.
    Sebenernya, permasalahan utama penerapan teknologi di Indonesia itu bukan pada kemampuan menerapkan teknologi itu sendiri, tetapi lebih kepada faktor bisnis.

    Dengan penerapan teknologi tertentu, maka akan ada pihak2 yang kehilangan pemasukan. Kalau dalam hal ini, siapa hayoo?

    @agungfirmansyah
    Waduh, kalau mau jujur sebenarnya banyak yang bakal terkena imbas dari komunikasi yang mobile ini 🙂

  11. dinald! Says:

    Yap betul skali.
    Sy si dulu mulai kenal IM pas wktu masih klas 1 SMP ya.
    Yg pake im juga jarang skali. Tiap saya tanya tmen saya mreka blm tau apa
    itu im.
    Kalo dulu si sy untuk cari tmen dari berbgai belahan dunia pake aplikasi
    namanya ICQ.

    FYI aja, Kalo d luar sana, trutama d Inggris kebanyakan dr remaja d sana
    menggunakan MSN messenger. tp cuman sepengetahuan aku aja sih. 😀
    sy jg punya MSN si tp lebi sering pake YM soalnya anak2 kampus juga pada pake itu si. hehe.
    Yap gt.

    Saat ini, stelah saya brada d bangku kuliah. IM ini benar2 sangad
    membantu, cntohnya ya diskusi tugas, transfer tugas jg kadang2 :p.
    Dengan murahnya biaya yg d gunakan. Gak heran lah d INdonesia sudah banyak
    skali yg pake IM, dan itu merupakan perkembangan yang sngat bagus d
    bandingkan tahun-tahun pas sy masih SMP. 😀

    Tp gk selamanya im ini bagus jg. Instant Messaging jg bs mnimbulkan ksalah pahaman ,
    karena im cuman brupa tulisan dan stiap orang dpat mengartikan tulisan
    tersebut berbeda-beda sesuai dgn hatinya.
    Jd mending kalo misal ingin membicarakan suatu yg penting, langsung saja bertatap
    muka dgn org itu ato dgn telvn. Karena Itu akan lbih safe..

    Dan pada intinya instant messaging ini membantu dan mempermudah kita untuk berkomunikasi…
    Haha

    @dinald!
    Yups, teknologi dibuat memang untuk mempermudah tugas manusia… tapi dampaknya juga harus diperhatikan sehingga dampak buruknya bisa dikurangi 🙂

  12. Nggii Says:

    IM ada sisi positif dan negetinya loh…
    positifnya yach… lebih hemat pulsa dan itu sudah bukti,, daripada smsan untuk bertanya pada teman mending OL udak gitu bisa ke beberapa teman tanyanya… terus ibaratnya menyelam minum air.. maksudnya? ya iyla kalo nyalain kompi ya buka IM dunk…terus dari status IM yang aneh2 juga bisa menambah info… Kalo berkomunikasi dengan orang juga bisa di edit-edit!maksudnya? ya iyalah kalo mau nulis sesuatu kan dibaca dulu kalo tulisannnya sekiranya nggak mengena dihati ya “diedit” ajah baru disend… kalo ngomong langsng kan nggak mungkin omongannya bisa ditarik lagi toh?

    negatifnya : hmmm… mengurangi komunkasi tatap muka… padahal bersosialisasi langsung tuh perlu…misal kalo ngobrol pake IM lancar tuh eh ps ngomong langsung bingung deh mau ngomong apa? takut salah omong… pasti banyak dari kalian yang keceplosan.. tuh kan susah diralat,…

    prospekIM sangat bagus banget malah wong aplikasinya gratis kalo yang pake HP jadi hemat pulsa pake komputer LAB ya nggak bayar,,, warnet ya..paling berapa… IM pake komputer rumah juga nggak habisin biaya banyak… so.. so far so good

    @Nggii
    Yah, tapi bener katanya agung firmansyah… dari prospek bisnis ada yang dirugikan neh 🙂

  13. Arfinda Setiyoutami Says:

    whuahh..
    Kalo aku pribadi, pake IM baru kuliahan ini..
    soalnya pas dulu2 masi belum booming kayak sekarang..
    IM pertama yang kupake ya pastinya Yahoo! Messenger..
    trus sekarang nambah MSN jugag..=p
    asik si..
    hemat dan praktis soalnya..
    apalagi kayak YM yang ditambahin fitur2 unik kayak audible, IMVironment, ma Wink yang lucu2..
    cuman aku jugag pernah ngerasa dampak negatifnya seh..
    komunikasi yang pake perantara kayak gini ini terkadang jadi menimbulkan salah tangkap..
    kadang kita nggak tau, lawan chat kita itu kondisi hatinya seperti apa..
    marah kah..malu kah..menertawakan kah..ato yang laen2..
    jadi gampang sekali dikibuli atau mengibuli lewat IM..=p
    itu aja se yang kadang mengganggu..
    jadi buat penasaran..=p
    tapi kalo buat yang laennya nggak masalah..
    banyakan segi positifnya malahan kalo buatku..:)


    @Arfinda Setiyoutami

    Jadi pengikut IMmania? 🙂

  14. blogkanggo Says:

    oke maz…. menurutku emang pada zaman sekarang ini qta semua dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi begitu juga dengan IM, akan tetapi dampak yang ditinggalkan oleh perkembangan teknologi ini sangat terasa yaitu antara lain adalah manusia yang mulai anti sosial, padahal kecanggihan alat seperti webcam,dll sudah dapat mengurangi dampak yang sudah ada. memang untuk urusan ini harus ditanggapi serius oleh berbagai kalangan.

    @blogkanggo
    Seph, memang harus ada penelitian lebih lanjut, biar teknologi menjadi “ramah” 🙂

  15. nafisblog Says:

    YM-an sepuasnya 10rb/bln milik operator 3 [Three] aja udah berambah! sms tersingkir!

    aku nafis. salam kenal!

    @nafisblog
    Semakin murah saja 🙂 salam kenal juga!

  16. Yusuf Says:

    IM dah g cman di komputer aj…apalagi dah buaaanyaaak bgt aplikasi buat IM di Handphoe…jadinya dijamin bakalan naik d pengguna IM ini..selain murah pastinya ya..hehe

    mampir ya,
    the new face my blog
    http://yusufafandi.com

    ^_^

  17. syaiful Says:

    Hari ini tolong angkat tanganmu.
    Tolong.
    DemiTuhan.
    Saat ini juga.
    Angkat tanganmu.
    berdoalah untuk mereka
    Saudara – saudaramu di Palestina.
    Cukup Doa Saja
    Tak perlu repot-repot mengasihani mereka
    karena sesungguhnya kitalah yang patut dikasihani.
    Tak perlu kau menangisi mereka
    Karena sesungguhnya merekalah
    yang menangisi kebisuan kita.
    Titip salamku buat para pemimpin negara-negara Islam:
    Jadilah laki – laki walau cuma 1 hari.
    Sekian
    Terima Kasih dari Kang Iful Laskar Hijau Bulan Bintang

  18. ciwir Says:

    emang dunia makin canggih aja…

  19. Andi Sugiarto Says:

    ya.. jadi pengen pake YM di HP… nanti saya pelajari ya..

  20. noval Says:

    Ikut nimbrung pak … udah lama ga nimbrung di sini ..

    jadi inget cerita orang-orang tua tentang 2 orang yang bekerja dalam satu ruangan, berdua, tapi ngobrolnya lewat YM ….

    memang IM cenderung membuat manusia mengurangi aktifitas sosialnya, namun bagi sebagian orang terutama bagi orang-orang yang kurang bisa berkomunikasi dengan baik (bukan tidak mau berkomunikasi dengan baik), misalnya orang yang gampang gugup jika berhadapan sama orang lain (cewek/cowok), mereka cenderung lebih bisa berkomunikasi lewat IM. Meskipun sebenarnya memang lebih baik untuk belajar bertatap muka, namun sebagai langkah awal IM bisa sangat membantu.

    @noval
    Ada benernya juga kalau dampak sosial dari penggunaan teknologi ini kalau tidak dikendalikan bisa menimbulkan dampak buruk, tetapi saya juga setuju dengan pendapat Anda kalau IM ini bisa digunakan untuk membantu orang yang sulit berkomunikasi secara langsung… biar lebih PD kan? hehehe

  21. oRiDo™ Says:

    dengan perkembangan internet yang semakin cepat ini, maka kebutuhan manusia pun berubah ke arah penggunaan teknologi ini..
    pilihan IM sebagai alat komunikasi skunder tentunya akan sulit sekali utk dihindari ..
    🙂


    @oRiDo™

    Hmmm… teknologi emang terus berkembang, tinggal kita sebagai pengguna teknologi menyikapinya dengan bijak, bukan begitu? salam kenal orido…

  22. airputih project developer Says:

    Selalu ada dua sisi penggunaan TI.. Wonder if this one’s given more benefit rather than disadvantage. Sejauh ini sih yang nampak bagi perguruan tinggi, khususnya Sistem Informasi ITS (mahasiswanya :D), sepertinya masih lebih banyak sisi menguntungkan. Tapi satu hal yang perlu diamati nih, beberapa aplikasi IM menyertakan ads saat kita menggunakan layanannya, prospek atau gangguan?

    p.s. Sudah lunas ya..? LOL

  23. dna Says:

    Aduhh.. Sang empunya airputih project meninggalkan akunnya dalam keadaan logged-in dan saya tidak menyadarinya. Hmm, tapi p.s. di atas cukup memberikan info siapa sang komentator 😀

  24. tha2 Says:

    Teknologi kadang2 bisa membantu kemudahan manusia dalam beraktivitas tapi juga bisa memperburuk kinerja manusia lho…:)

  25. nollimadua Says:

    teknologi yang menyenangkan..
    murah (gratis?), cepat, real time, de el el
    cuma satu kekurangannya daripada kantor pos….
    IM ga bisa buat kirim barang… paling ga, ada hal yang bisa buat kantor pos sedikit bisa bertahan 😀
    dan kalo pake IM, terutama kalo pake HP, capek ngetik^^ HPq tombolnya error, hehe

    menurutku jadi anti-sosial apa nggak itu tergantung pemakainya… tapi bagi orang yang anti-sosial IM jadi tempat bersosialisasi lho.. masi lebih baik daripada mereka ga bersosialisasi sama sekali kan?
    tapi memang yang paling penting itu berhubungan face to face..
    segala sesuatu selalu ada dampak negatif ma positifnya..
    semoga manusia indonesia menjadi manusia teknologi informasi yang tetap berpegang teguh pada tata krama dan sopan santun yang benar… Amin

  26. MY_701_our_rank_bike Says:

    Lam ikum

    Well well well.

    jadi intinya semuanya tuh pasti ada dampak positif ma dampak negatifnya dweh.

  27. SuperNOVA Says:

    Perkembangan IT (seperti halnya perkembangan lain), juga memakan korban. Pos contoh jelasnya. Yang lain, provider seluler jg harus strugle menghadapi gempuran perkembangan ini. Seperti diketahui, IM dan VoIP disisi lain jg menjadi kompetitor serius untuk sms dan telepon seluler. Sekarang provider gak hanya perang tarif antar operator, tetapi jg dg perkembangan teknologi…..

    Sisi negatifnya ya kayak dibilang Yanto ma Dustin td…
    Gak semua org sadar dengan yg dia lakukan.kebanyakan pingin enaknya aja.

    ——-Nova——–

  28. Muhamad Rizal Avif Khan Says:

    Mr. Parvian, IM is booming is right now. N make people stay holding their mobile in every activities.. Is it a disadvantage of this tech?
    btw, is 64 equals to 65? my question sounds a joke, but i really ask, not make a joke. it is too complicated to explain here, so see on my blog… i am still confused…
    thnx b4 😉

  29. blog competion Says:

    Saya selalu sepakat kalau perkembangan teknolgi seiring dengan perkembangan manusia nya,kalau tidak..Teknoli tidak bisa maksimal dalam pemanfaatan nya.Hidup perubahan dan Teknologi.amin

  30. adip Says:

    sapa sehh ga kenal IM…..???

    balik lagi..
    semua hal yang kita lakukan/kita pilih pasti selalu ada dampak positif dan negatifnya……..
    kita sebagai generasi muda kudu bener2 fokus dan bisa memberikan solusi yang inovatif dan berbeda sehingga banyak hal dapat dilaukan dengan baik dengan meminimalisasi segala bentuk kerugian..
    semangat pakk

  31. lutfiana Says:

    heheheh.. IM emang bikin hidup lebih gampang. asik juga

  32. badar online Says:

    Teknologi yang di gunakan untuk kemaslahatan bagi manusia akan mendatangkan kebaikan yang banyak, akan tetapi kalau digunakan untuk kerusakan dan dosa maka justru akan menjadi petaka bagi pemakainya.

    Seperti pembelajaran bahasa arab ini:
    http://badar.muslim.or.id/

  33. vey Says:

    waaah baGuUs nih.. minta yah bUat data tUgas kampus..
    hehe..
    hummh Lucu Fotonya..
    hehe

    @vey
    Ya, silahkan dan terima kasih buat komentar fotonya 🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: